Senin, 11 Januari 2016

Google Siap Kirimkan Rover ke Bulan

Perusahaan non-profit SpaceIL dari Israel telah mengumumkan bahwa mereka menjadi perusahaan pertama yang mendapatkan kontrak dari Google Lunar XPRIZE untuk meluncurkan wahana antariksa Kebulan.
Melalui proyek Google Lunar XPRIZE , Google mengadakan sayembara bagi siapa saja yang mampu mengirimkan wahana Antariksa ke Bulan. Total Google menyediakan hadiah sebenar 30jt Dollar US.  Hadiah 30Jt itu sendiri dibagi-bagi menjadi beberapa kriteria.


Setiap Tim, perusahaan atau organisasi yang ingin terlibat dalam kompetisi dan memenangkan 20jt Dollar (Hadiah Pertama) ini harus memenuhi syarat diantaranya : 
1. 90% Biaya pembuatan Wahana harus berasal dari kantong pribadi atau dari sektorswasta. Jadi tidak boleh dibiayai oleh Pemerintah
2. Wahana itu sendiri harus mampu mengirimkan Video HD dan Gambar dari Bulan ke Bumi.
3. Selama di Bulan, Wahana itu minimal harus menjelajah sejauh 500 meter
Hadiah selanjutnya untuk juara 2 senilai 5jt Dollar. Dan 5Jt Dollar lagi akan dibagikan kepada setiap tim yang dinilai memenuhi syarat tertentu dari proyek ini.

Wahana Rancangan SpaceIL

SpaceIL sendiri dibentuk tahun 2010 lalu dan berhasil menjadi Tim pertama yang mendapatkan Kontak proyek ini. Jika SpaceIL berhasil meluncurkan Wahananya ke Bulan, maka mereka akan menjadi Organisasi yang dibiayai Swasta pertama yang mengirimkan Wahana ke Bulan.
Tim lain yang mendapat Kontrak, akan turut meluncurkan wahana mereka masing-masing ke Bulan. Proyek ini sendiri harus rampung pada akhir 2017 nanti. Jadi semua Tim yang terpilih harus meluncurkan wahana mereka sebelum 2017 berakhir.
Wahana SpaceIL sendiri akan diluncurkan Oleh Roket Falcon 9 dari SpaceX



Tidak ada komentar:

Posting Komentar